Ketua MPR: Partai Politik Juga Perlu Diberi Sosialisasi 4 Pilar

0 0
Read Time:1 Minute, 8 Second

Ketua MPR: Partai Politik Juga Perlu Diberi Sosialisasi 4 PilarDi hadapan ratusan warga Kota Palu, Sulawesi Tengah, 24 Juli 2016, Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan memberikan sosialisasi 4 Pilar kepada anggota partai politik merupakan hal yang diperbolehkan.”Karena Sosialisasi 4 Pilar merupakan hal yang penting,” ujarnya.

Lebih tegas dikatakan seharusnya seluruh wakil rakyat di pusat atau di daerah serta kepala daerah, juga perlu diberi sosialisasi. “Sebagai pendidikan politik berbangsa dan bernegara,” paparnya.

Tujuan memberi sosialisasi kepada partai politik, anggota DPRD, dan kepala daerah agar mereka tidak terdisorientasi.

Zulkifli Hasan dalam sosialisasi itu mengutip Pidato Presiden Soekarno saat berpidato dalam Sidang Umum PBB tahun 1960 yang mengatakan bahwa demokrasi di Indonesia bukan Barat atau Timur, kapitalis atau komunis, namun memiliki demokrasi sendiri yakni demokrasi Pancasila.

Dalam demokrasi Pancasila bukan demokrasi yang berlandaskan kalah-kalahan atau menang-menangan. “Saya tidak setuju kalau di Indonesia ada partai yang kalah disuruh minggir,” ujarnya. Menurut Zulkifli Hasan bangsa ini adalah bangsa yang beragam sehingga tak bisa menggunakan demokrasi yang menang-menangan. “Kalau seperti itu bangsa ini bisa pecah,” ujarnya.

Dikatakan bahwa dalam demokrasi Pancasila ada kebersamaan dan gotong royong sehingga kelompok sekecil apapun tak boleh ditinggal. Hal demikian berbeda dengan Eropa dan Korea Selatan, di mana mereka hanya satu ras dan agama. “Di Indonesia ada multietnis,” paparnya. Ditegaskan oleh Zulkifi Hasan kita jangan mempertaruhkan keberagaman.

Sumber : http://www.mpr.go.id/posts/ketua-mpr-partai-politik-juga-perlu-diberi-sosialisasi-4-pilar

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.