MK Selenggarakan Olimpiade PPKn se-Provinsi Lampung

0 0
Read Time:1 Minute, 9 Second

Mahkamah Konstitusi (MK) bekerjasama dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung (FKIP-Unila) menyelenggarakan kegiatan Olimpiade Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) 2016 se-Provinsi Lampung di kampus Unila pada 26-27 Maret 2016. Olimpiade PPKn tersebut diikuti oleh para siswa dari berbagai lembaga pendidikan yang ada di Lampung, mulai tingkat SD, SMP, sampai SMA.

Dengan mengusung tema “Melalui Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Kita Kembangkan Generasi Bangsa Cerdas yang Berkarakter, Berprestasi, dan Sportif”, olimpiade mengompetisikan penulisan essay, debat, dan cepat tepat untuk tingkat SMA, lomba portofolio, pidato, dan cepat tepat untuk tingkat SMP, serta lomba puisi, pidato, dan mewarnai untuk tingkat SD. Kegiatan itu selain dihadiri oleh pejabat civitas akademika Unila, juga dihadiri oleh Kepala Subbagian Hukum dan Kerja Sama Kepaniteraan dan Sekretariat Jenderal Mahkamah Konstitusi, Ina Zuchriyah, dan sejumlah staf.

Ketua program studi PPKn FKIP Unila, Hermi Yanzi, menyampaikan apresiasinya kepada MK yang telah menunjukkan kepeduliannya pada perkembangan pendidikan masyarakat melalui kerjasama dengan FKIP Unila menyelenggarakan kegiatan olimpiade PPKn. “Kegiatan olimpiade ini sangat penting artinya bagi kami, terutama untuk membangkitkan motivasi para siswa dan guru PPKn dalam mendalami dan menghayati Pancasila dan Konstitusi,” jelas Hermi.

Lebih lanjut, Hermi menyatakan bahwa mata kuliah PPKn saat ini memiliki nilai strategis untuk menyosialisasikan budaya sadar berkonstitusi di tengah-tengah masyarakat. Secara praksis, guru-guru PPKn merupakan agen yang dapat diharapkan untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 bagi masyarakat sedini mungkin. (rafi/lul)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.