HNW: Pancasila Butuh Role Model

0 0
Read Time:1 Minute, 2 Second

HNW: Pancasila Butuh Role ModelBandung – Pancasila adalah falsafah bangsa, ideologi bangsa.  Didalamnya ada nilai-nilai luhur bangsa yang semuanya seharusnya mengejawantah dalam diri anak bangsa. Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid masih melihat Pancasila hanya dihafal semata dan diseremonikan dalam ruang diskusi.

“Pancasila seharusnya sudah menjadi hidup dan kebiasaan rakyat Indonesia.  Untuk itu Pancasila harus ada Role Model yang mampu menjadikan Pancasila sebagai perilakunya dalam kehidupan sehari-hari.  Pejabat atau elit penguasa sangat pas semestinya menjadi role model Pancasila,” katanya, usai membuka pagelaran wayang golek dalam rangka Peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945, di kota Bandung, Jawa Barat, Senin (30/5).

Lead by example, Hidayat melihat, Pancasila harus diterjemahkan dengan contoh hidup.  Pancasila sangat penting sebab menjadi solusi dari berbagai kedaruratan sosial di Indonesia dengan syarat para pemimpinnya harus menjadi teladan hidup implementasi Pancasila.

“Ini harus diperhatikan oleh seluruh rakyat Indonesia terutama para pejabat dan elit penguasa, banyak masalah kedaruratan di Indonesia seperti narkoba, miras, pembunuhan keji, konflik yang harus diselesaikan.  Solusinya tak lain Pancasila.  Pancasila menjadi semakin relevan dibutuhkan rakyat Indonesia,” imbuhnya.

Pancasila, lanjut Hidayat, menjadi jawabam konkrit, mudah dan rasional dalam menghadapi permasalahan bangsa.

“Role model Pancasila  ini harus muncul, jika tidak maka segala macam kedaruratan sosial ini akan semakin memperburuk kondisi bermasyatakat dan bernegara Indonesia,” tandasnya./der

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

About Author

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *